Cara Memulai Usaha Ternak Ikan Lele



Inspirasi Bisnis - Budidaya atau ternak ikan lele salah satu kesempatan usaha memberikan keuntungan yang bisa Anda gunakan. Lele adalah salah satunya ikan tawar yang sangat disukai terutamanya oleh warga Indonesia.

Jalankan usaha ikan lele juga tidak susah sebab ikan lele termasuk juga ikan yang gampang didapat serta langkah perawatannya juga semakin gampang dibandingkan tipe ikan yang lain. Buat Anda yang ingin mengawali usaha budidaya ikan lele, berikut beberapa panduan yang dapat diaplikasikan untuk bikin usaha ikan lele Anda berjalan baik serta lebih gampang bertumbuh.

Persiapkan Kolam Ikan Lele

Hal pertama sebelum mengawali usaha budidaya atau ternak lele ialah sediakan kolam. Kolam ini bisa berupa tanah, terpal atau semen. Tekankan kolam yang Anda bikin mempunyai ukuran yang besar hingga kurangi efek ikan lele mati sebab kekurangan oksigen.

Sebelum lakukan pemenuhan kolam, tekankan air yang diisi dikasih cukup jarak hingga ikan lele tidak kepanasan. Bila yang Anda pakai ialah kolam berbahan sintetis seperti terpal, serat atau semen tekankan Anda membersihkan terlebih dulu memakai sabun kemudian beri media kolam dengan potongan daun pepaya serta singkong supaya berbau dari media kolam hilang.

Sesudah proses pemenuhan kolam, Anda harus juga menanti beberapa waktu sebelum menyebar bibit lele ke kolam sebab Anda harus menanti proses pembangunan lumut serta fitoplankton yang bisa menetralisir air kolam supaya tidak gampang keruh.

Pilih Bibit Unggul

Dalam penyeleksian bibit juga Anda jangan asal. Anda harus pilih bibit lele unggul yang semakin susah terkena penyakit, sehat, serta lebih besar. Bibit ikan lele yang unggul semakin lebih lincah serta agresif waktu pemberian makan, ukuran lele nampak sama dan warna sedikit semakin jelas.

Pisahkan Lele Ukuran Besar & Kecil

Ikan lele adalah tipe ikan kanibal atau senang mengonsumsi sama-sama tipe. Jadi untuk hindari efek kematian pada ikan lele, Anda bisa memisahkan ikan lele yang memiliki ukuran besar dengan ikan lele yang memiliki ukuran kecil. Dengan demikian, Anda tak perlu cemas bila ikan lele sama-sama mengonsumsi keduanya.

Perhatikan Proses Penebaran Bibit

Kecuali pilih bibit ikan lele, Anda harus juga memperhatikan langkah menebarkan benih iklan lele. Langkah menyebar bibit yang baik ialah menempatkan wadah bibit pada kolam semasa 15 menit sampai 30 menit dengan situasi miring. Ini mempunyai tujuan supaya bibit ikan lele bisa menyesuaikan sendiri serta tidak depresi. Kolam untuk bibit dibikin terpisah.

Kolam bibit umumnya semakin dangkal dibanding kolam ikan lele dewasa. ini mempunyai tujuan supaya bibit bisa dengan gampang mencapai pakan serta pernapasan. Dalam penyebaran benih, semakin lebih baik bila Anda kerjakan pada pagi atau malam hari sebab waktu itu ikan lele condong semakin tenang.

Sortir Ikan Lele

Sesudah ikan lele berusia kira-kira 20 hari, Anda perlu lakukan penyortiran memakai bak untuk memisahkan lele memiliki ukuran besar serta kecil. Ini dilaksanakan untuk hindari ikan lele kecil dari kekurangan makanan sebab kalah cepat dengan lele memiliki ukuran besar.

Bila tidak dipisah, ikan lele ukuran kecil akan lamban dalam perkembangannya dan bisa kurangi efek ikan lele besar memangsa ikan lele kecil.

Atur Kualitas Kolam

Warna air kolam yang baik buat ikan lele ialah hijau sebab lele bisa bertahan hidup di air berlumpur. Warna hijau bermakna banyak lumut di seputar kolam. Air pada kolam ikan lele akan menjadi merah saat telah dewasa serta siap panen.

Walau ikan lele tidak senang hidup di air jernih, Anda pun jangan masukkan sembarangan air ke kolam sebab Anda tidak tahu, apa air itu memiliki kandungan bakteri atau wajahit yang dapat mengakibatkan penyakit pada ikan lele.

Cermati Kedalaman Kolam

Air pada kolam akan menyusut sebab proses penguapan hingga Anda harus teratur memberikan tambahan air kolam ke tempat normal. Tingkat kolam lele di bulan pertama ialah 20 cm, bulan ke-2 40 cm, serta bulan ke-3 80 cm.

Upayakan air kolam lele Anda tidak dangkal hanya karena akan membuat situasi air serta membuat lele jadi panas hingga mengakibatkan kematian pada lele. Anda dapat juga memberikan tambahan tanaman air seperti eceng gondok atau talas ke kolam. Dengan demikian, kolam bisa menjadi teduh serta bisa menghisap toksin dalam kolam.

Perhatikan Pakan Lele

Umumnya, ikan lele harus diberi makan 3x satu hari yakni jam 7 pagi, 5 sore serta 10 malam. Bila Anda mendapatkan ikan lele aktif serta mendorongkan kepalanya, Anda dapat memberi waktu makan penambahan.

Dalam proses pakan budidaya lele, Anda bisa memakai pakan tipe sentrat 781-1 yang didalamnya memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan lele, seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin.

Dalam pemberian pakan, Anda pun jangan melakukan dengan cara berlebihan hanya karena bisa memunculkan beberapa penyakit karena pakan yang mengendap serta tidak termakan oleh lele.

Pencegahan Hama & Penyakit

Hama serta penyakit adalah salah satunya unsur yang mengubah jumlah produksi turun hingga menyulitkan kesuksesan budidaya lele. Untuk penjagaan hama, Anda bisa memakai penghambat supaya tidak ada hewan liar yang masuk ke kolam. Untuk hindari penyakit, Anda bisa memberi beberapa obat yang ada di toko perikanan.

Proses Panen

Ikan lele umumnya dapat dipanen sesudah 3 bulan sejak bibit lele ditebar. Proses panen ikan lele bisa dapat dilaksanakan dengan menyortir ikan yang wajar dikonsumsi atau sudah mempunyai ukuran 4-7 ekor per kg atau sesuai kemauan konsumen.

Pasca Produksi

Sebelum Anda menyebar bibit baru, sebaiknya untuk bersihkan kolam untuk kurangi kotoran atau tersisa makanan ikan lele awalnya. Dengan bersihkan kolam, Anda dapat ketahui apa masih ada ikan lele yang ketinggalan sebab bila masih ada ikan di kolam serta Anda sudah menyebar bibit baru, karena itu bibit lele akan habis di makan ikan lele yang siap panen itu.

Pemasaran dan Promosi Ikan Lele

Anda bisa jual pada harga per kg ke warung-warung makanan. Bila kualitas lele Anda telah baik, Anda bisa menjadi penyuplai ikan lele pada warung-warung makan itu. Anda dapat mempromokan hasil budaya ikan lele pada keluarga, saudara, tetangga serta rekan Anda. Pakai digital pemasaran supaya usaha Anda makin bertumbuh.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda kerjakan sebelum mengawali serta waktu jalankan usaha budidaya ikan lele. Dengan lakukan semua panduan di atas serta tersedianya sumber daya yang cukup, usaha ikan lele Anda semakin lebih gampang bertumbuh serta membuat omzet usaha Anda bertambah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel