9 Cara Memulai Bisnis Restoran Sendiri



Inspirasi Bisnis - Beberapa orang yang punya mimpi buka restoran mereka sendiri. Tetapi, mengurus restoran tidak dapat asal-asalan bila Anda ingin jadi sukses. Untuk menolong Anda, berikut kami sediakan 9 panduan sukses mengawali usaha restoran dari pertama.

Apa yang dibutuhkan untuk mengawali usaha restoran baru?

1. Tetapkan ide restoran Anda

Langkah awal yang harus Anda pikirkan sebelum mengawali usaha kuliner punya sendiri ialah memastikan seperti apa ide restoran Anda nanti. Apa Anda ingin membuka restoran dengan atmosfer yang nyaman serta buat kerasan ramai-ramai, atau Anda ingin restoran baru Anda mempunyai ide fine dinning?

Ide restoran harus juga memperhitungkan type makanan apa yang Anda ingin sediakan. Sebelum ambil aksi seterusnya, rancang satu menu komplet. Makanan seperti apa yang ingin Anda sajikan di restoran Anda — ciri khas Italia atau Jepang? Masakan rumahan atau warung kopi serta bakery?

2. Tetapkan tempat restoran yang strategis

Tempat penting dalam memastikan keberhasilan tiap usaha restoran. Makin gampang restoran Anda dibuka oleh beberapa orang, makin besar kesempatan Anda untuk laku.

Apa tempat itu terhitung wilayah yang repot, seringkali didatangi beberapa orang? Apa areanya padat populasi, untuk mempermudah Anda cari tenaga kerja? Apa akses ke arah tempat itu gampang diraih? Bagaimana dengan tempat parkir, ada cukup luaskah? Sesudah semua sudi di hati, Anda akan butuh pastikan untuk bernegosiasi supaya memperoleh harga sewa paling baik.

3. Tetapkan juru masak Anda

Untuk mengawali usaha kuliner yang sukses, Anda butuh tiga pilar penting: ide yang mantap, tempat strategis, serta chef yang kompeten. Ketiganya sama-sama bekerja bersama menolong Anda memastikan situasi restoran Anda.

Koki yang Anda pekerjakan di restoran sebaiknya sesuai ide restoran serta topik masakan Anda. Bila tidak, Anda akan menjumpai banyak permasalahan yang tak perlu.

4. Tahu sasaran konsumen setia Anda

Saat Anda siap untuk mengawali usaha restoran, penting untuk mengerti siapa sasaran konsumen setia pokok Anda. Orangtua dengan beberapa anak kecil mempunyai keperluan yang berlainan dengan golongan lajang atau pasangan muda. Mempelajari basis populasi wilayah tempat restoran Anda akan buka bermacam info demografis penting yang bisa mengubah keberhasilan restoran Anda.

Beberapa hal seperti nilai perumahan, penghasilan rumah tangga rata-rata, umur rata-rata; ini semua akan memberi Anda panduan bernilai tentang siapa konsumen setia mungkin Anda. Sesudah Anda memperoleh info penting ini, Anda dapat memperbandingkannya dengan restoran lain di wilayah itu.

5. Rancang gagasan usaha sedetail mungkin

Sebelum ajukan utang membuka usaha di bank, penting untuk membuat gagasan usaha Anda sedetail mungkin. Bikin usaha rencana restoran yang menguraikan ide serta perincian restoran Anda, dan bagaimana langkah Anda untuk membuat mempunyai keuntungan yang terus bertambah.

Bila Anda punya niat pinjam modal di bank, rencana usaha yang masak akan memberikan keyakinan faksi bank jika Anda betul-betul dapat untuk mengawali usaha restoran. Yakinkan waktu Anda datang di bank janganlah lupa untuk bawa semua dokumen yang dibutuhkan, terhitung laporan pendapatan pribadi, laporan pajak, serta beberapa hal lain yang disuruh oleh faksi bank.

Gagasan usaha Anda sebaiknya meliputi:
-Deskripsi ide restoran
-Basis sasaran konsumen setia
-Menu serta harga mungkin
-Informasi keuangan, seperti modal awal serta sumbernya, serta prediksi penghasilan periode panjang dan ongkos
-Strategi pemasaran/marketing
-Program penerimaan karyawan, kursus, serta retensi

6. Pintar pilih nama restoran


Nama restoran biasanya jadi kesan-kesan pertama yang dipunyai oleh konsumen setia Anda. Jadi, cerdaslah dalam pilih. Nama restoran bisa menggambarkan topik menu makanan Anda (Masakan Jawa, Peranakan, atau Ciri khas Jepang) atau plesetan-plesetan unik. Jadilah kreatif serta pilih nama yang betul-betul wujudkan ide, menu, serta misi restoran Anda.

Tetapi, pilih nama yang gampang diingat serta dieja oleh beberapa orang. Tetapi tidak ada yang lebih menjengkelkan dibanding kesusahan temukan satu restoran di mesin perayap online sebab Anda tidak pernah pas mengeja namanya.

7. Mencari utang modal

Penting untuk melebih-lebihkan keperluan keuangan Anda. Baiknya, Anda akan inginkan modal awal restoran yang bisa menutupi seputar sembilan bulan usaha. Pengeluaran ongkos operasiona untuk mengawali usaha restoran akan mengonsumsi beberapa dari budget Anda sebelum Anda serta mulai membuahkan keuntungan/keuntungan dari konsumen setia.

Lihatlah tabungan Anda sendiri serta rekening pensiun. Anda mungkin bisa jual asset atau memakainya jadi agunan ke bank. Pikirkan jalan credit usaha di bank Anda, atau check utang bank komersial.

Pikirkan untuk minta pertolongan rekan-rekan serta keluarga, atau selidik peluang kemitraan. Satu orang partner usaha bisa menolong bermodalkan awal sesaat share tanggung jawab pemilikan restoran.

8. Daftar lisensi & izin usaha

Umumnya izin lisensi serta izin membuat usaha memerlukan waktu yang cukup banyak — dari mingguan sampai bulanan sebelum di setujui. Jadi, selekasnya sesudah Anda cukup mantap dengan rencana ide serta keuangan restoran Anda, cepatlah urus berkas-berkas izin usaha yang diperlukan.

Lisensi lain yang mungkin Anda butuhkan ialah izin kesehatan serta lisensi minuman keras, bila ada. Cek serta ricek dengan asosiasi restoran lokal untuk info selanjutnya.

9. Promokan restoran Anda

Sesudah izin usaha serta lisensi yang lain telah Anda punya, ide makanan serta tata ruangan restoran telah terjadi secara baik, dan Anda juga dipersenjatai oleh staf yang kompeten di bidangnya, sekarang waktunya Anda mengiklankan restoran baru Anda. Iklan ialah satu kewajiban buat sejumlah besar restoran baru.

Tahu sasaran pasar Anda. Yakinkan harga serta produk restoran Anda telah pas untuk sasaran pasar yang diambil. Pusatkan waktu serta uang untuk sampai barisan orang ini. Rancang gagasan pemasaran yang meliputi media tradisionil (bikin; koran, makalah, pamflet serta brosur) atau iklan radio.

Kerjakan pemasaran restoran lewat sosial media Facebook, Twitter, atau Instagram untuk menyebarluaskan berita mengenai restoran baru Anda. Bikin design iklan semenarik mungkin serta menawarkan stimulan, seperti coupon potongan harga, untuk orang yang “Like”, “Follow”, atau “Tag” account media sosial restoran Anda.

Mengawali usaha restoran ialah penjelajahan yang pantas untuk Anda perjuangkan. Tetapi ingat, untuk sampai keberhasilan, dibutuhkan rencana yang masak, usaha keras, serta kebulatan kemauan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel