5 Penipuan Lewat Media Sosial yang Tidak Anda Sadari



Inspirasi Bisnis - Membunuh waktu serta menyingkirkan capek dengan sosial media pasti seringkali kita kerjakan. Diantaranya ialah melalui facebook dimana kita dapat melihat video lucu, bermain game, atau tuliskan keluhan di halamannya. 

Tetapi, tahukah anda jika penjahat memakainya untuk mengambil uang serta info dari kita? Di bawah ini bentuk-bentuk penipuan di facebook yang sering tidak kita sadari :

1. Feature kuis facebook 

Bermain kuis di facebook kadang membuat pemikiran kita lebih fresh. Tetapi, beberapa feature kuis di facebook akan minta akses ke profile Anda. Adam Levin, pendiri The Global Indentity Protection and Data Risk serta sekaligus juga penulis buku Swiped, menjelaskan jika feature itu akan ajukan beberapa pertanyaan lebih jauh tentang data kita.

"Fitur-fitur itu murni untuk kumpulkan data melalui pertanyaan keamanan," tutur Adam Levin. Adam Levin merekomendasikan supaya kita bermain kuis melalui situs yang terpecaya. Diluar itu, semestinya kita membuat jawaban palsu untuk pertanyaan masalah pemulihan keyword hingga password kita susah dipecahkan.

Mungkin cukup gampang buat beberapa penipu ini untuk memancing supaya Anda memberitahu nama waktu kecil ibu Anda, kode yang seringkali dipakai untuk mengkonfirmasi satu account. Jadi, beri jawab palsu yang gampang diingat. Penipuan melalui pertanyaan keamanaan ini ialah langkah termudah.

2. Hadiah yang tidak logis 

Siapa yang tidak ingin hadiah gratis. Ditambah lagi hadiah itu berharga juta-an. Mungkin kita akan gampang tergiur oleh giveaway (undian) itu. Serta, dengan gampangnya kita akan mengarahkan cursor pada link 'Sign me up!' untuk mendapatkanya.Tetapi, kita butuh siaga akan ini.

Eva Velasquez, CEO serta presiden The Indentity Theft Resource Center menjelaskan supaya kita betul-betul pastikan apa undian itu riil sebelum kita ikut juga. 

"Ya, memang benar ada undian yang resmi serta ada pula yang palsu. Tetapi, umumnya tetap ada tujuan tersembunyi dibalik undian itu," katanya. 

iPad, ticket penerbangan, atau perhiasan gratis yang dijanjikan oleh sejumlah besar perusahaan memang mengundang selera. Kriteria gampang seperti mendaftarkan newsletter atau beli produk perusahaan itu akan membuat kita kalap serta dengan gampang memberikan data pribadi kita. 

Tetapi sebelum anda mengerjakannya, pikirkan dahulu kesempatan untuk menang serta efek besar apa yang menghambat dengan melepas info pribadi. Acuhkan tipuan sosial media yang memakai langkah berikut.

3. Rekan lama yang baru 

Bersikaplah skeptis bila terima keinginan persahabatan baru dari satu orang yang awalnya telah bersahabat dengan Anda melalui facebook. Sebagian orang memang senang bersihkan account lama mereka dengan membuat account baru. Tetapi, tidak semua keinginan persahabatan itu jujur, sebab langkah sama digunakan beberapa penipu dengan berpura-pura jadi rekan Anda. 

Penipu akan mengkloning semua profile facebook satu orang serta membuat account palsu yang mengatasnamakan orang itu. Dari account 'teman' anda, hacker dapat kirim tautan yang menipu, contohnya tautan 'cara supaya cepat kaya' atau cuplikan lucu yang nyatanya virus.

Levin menjelaskan supaya kita menghindarkan bentuk-bentuk penipuan itu terhitung e-mail anonim yang masuk dalam inbox. 

"Permasalahannya, waktu Anda click, link itu bisa kirim malware ke computer anda. Sebelum terima keinginan persahabatan yang aneh, kita harus screenshoot teks e-mail itu atau mengkontak orang yang berkaitan untuk mengkonfirmasi jika ini bukanlah account palsu," imbuhnya.

4. Keinginan aneh dari rekan 

Walau Anda belum terima keinginan persahabatan, jangan langsung meyakini pesan aneh dari satu orang yang tidak pernah kita jumpai. Hacker bisa temukan password satu orang serta masuk ke account mereka, lalu kirim pesan pada teman-temannya. 

Beberapa orang itu bisa saja akui kehilangan dompet di negara lain serta minta Anda untuk kirim uang. Mungkin ini cukup jelas memberikan satu penipuan, tetapi pesan dari rekan itu dapat membuat Anda gegabah hingga tidak dapat berpikir jernih. 

Bila anda ingin pastikan jika pesan itu betul-betul asli, hubungi memakai basis lain tidak hanya facebook. Jika Anda menelpon, ketahuilah jika ringtone terdengar berlainan di beberapa negara. Jadi, anda dapat tahu dimana rekan Anda pergi dengan meneleponnya walau ia tidak mengusung telephone anda.

5. Pesan tidak jelas 

Mengenal ataukah tidak dengan orang yang mempublikasikan tautan itu, Anda tentu tertarik waktu satu orang kirim pesan tautan seperti "Lihat apa yang mereka sebutkan mengenai kamu' serta click apa yang berlangsung. 

"Dengan tidak langsung bentuk penipuan itu pasti menarik rasa ingin tahu anda," tutur Eva Velasquez.

Eva merekomendasikan jangan sampai buka tautan palsu tidak jelas itu. Tautan tidak jelas itu pantas diduga, serta mengkliknya dapat berisi malware ke computer anda. 

"Lebih baik konfirmasi dahulu tentang pesan itu pada rekan anda," imbuhnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel